[bekpek] Trowulan – Jawa Timur

Wednesday, December 22, 2010

Liburan awal desember kemaren, aku, chocki, ester n popo jalan-jalan ke Jawa Timur. Tujuan pertama kita Trowulan, dimana terdapat banyak situs peninggalan jaman Majapahit. Kita berangkat dari Jakarta naek kereta Argo Bromo Anggrek, kereta paling malem dimana kita ga perlu home early dari kerjaan.
Dari Cikarang kita naek 59 trus turun UKI lanjut naek busway tujuan Harmoni turun halte Juanda, abis itu nyebrang jalan kaki sekitar 10 menit ke stasiun Gambir. Kereta berangkat sekitar jam 10 kurang, padahal dijadwalnya 21.15. >.< Besok pagi jam 9 kita nyampek di St. Pasar Turi, Surabaya.
<SAMSUNG DIGITAL CAMERA> St. Pasar Turi (photo by chocky)
Dari stasiun kita mo terminal bungurasih (purabaya), keluar stasiun belok kiri sampek mentok ketemu jalan gede trus ke kiri lagi ada PGS (Pasar Grosir Surabaya), nah di depannya kita tunggu aja bis kota tujuan bungur (lupa nomer berapa). Butuh waktu sekitar 45 menit sampek ke bungur. Karena macet akhirnya kita turun di Medaeng, di situ kita bisa naek bis menuju Mojokerto/Trowulan (bis jurusan Ponorogo, Jogja, Solo dll) sekitar Rp 6000. Sebenarnya bisa turun di terminal mojokerto trus ngangkot ke Trowulan, tapi kita milih turun di Trowulan. Ama sopirnya kita diturunin di sebuah perempatan dimana kita sama2 ga tau, lanjut kemana lagi. =)) Setelah nanya2 kita disuruh ngojek, tapi kita putuskan nyari angkot buat disewa. Ternyata ga jauh dari perempatan itu ada Terminal Trowulan. Daaaan... buat keliling ke candi2 kita emang butuh sewa angkot, lebih irit klo rame2 dibanding ojek, trus ga kehujanan ato kepanasan. :D
Tujuan pertama di Trowulan, Vihara Majapahit. Di sini ada Patung Budha Emas tidur gedeee banget. Klo kata yg udah pernah ke Thailand lebih gedean ini daripada yang di Thailand. Jadiii... yang ingin meliat Budha, ga usah jauh2 ke Thailand di Trowulan ada kok. :D
<SAMSUNG DIGITAL CAMERA> Sleeping Budha, Vihara Majapahit (photo by chocky)
Tujuan kedua, Candi Brahu. Letaknya sekitar 1,8 km dari jalan raya, Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini merupakan Candi Budha, meskipun tidak ada arca Budha di sana dan sepertinya halnya candi-candi lain yang ada di Trowulan, terbuat dari susunan batu bata merah. Menurut masyarakat di sekitarnya, candi ini dulu berfungsi sebagai tempat pembakaran jenasah raja-raja Brawijaya. Tapi dari hasil penelitian terhadap candi tersebut tidak menunjukkan adanya bekas-bekas abu atau mayat, karena bilik candi sekarang sudah kosong.
20101204-DSC_5296 Candi Brahu tampak samping
Tujuan ketiga, Candi Gentong. Entah kenapa si candi ini dinamain Candi Gentong, soalnya ga ada apapun di sekitar candi yang nampak seperti gentong. Candinya pun hanya tinggal berupa reruntuhan batu bata. Batu bata yang dipake buat bangun candinya beda ama batu bata yang biasa kita liat, batu batanya nampak lebih kokoh, tebel dan besar dibanding batu bata yang biasa dipake buat bangun rumah jaman sekarang.
20101204-DSC_5312 Candi Gentong
Tujuan keempat, Museum Trowulan. Museum ini tidak berada di pinggir jalan raya, tetapi masuk agak jauh dari jalan raya, jalan masuknya di deket perempatan pas turun dari bis itu. Di museum ini tersimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi di sekitar Trowulan. Yang paling banyak koleksinya adalah peninggalan Kerajaan Majapahit.
20101204-DSC_5333 Museum Trowulan
Dalam perjalanan menuju Museum Trowulan kita nglewatin Kolam Segaran. Klo kata temennya chocki, itu tempatnya buang peralatan makan yang abis dipake menjamu tamunya Kerajaan Majapahit. Biar dikira kaya gitu... buang2 peralatan makan. Tau deh itu bener ato engga. :D Tapi klo kata wiki lain lagi ceritanya :p Dan sekarang kolam ini dipake buat tempat mancing.
Tujuan kelima, Candi Bajangratu. Sehabis dari Museum Trowulan, lanjut ke Candi Bajangratu. Candi ini sebenernya bagian dari sebuah Gapura yang berfungsi sebagai pintu masuk bagi bangunan suci untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara. Letaknya candi ini di Dukuh Kraton Desa Temon, agak jauh dari jalan raya.
20101204-DSC_5340 Candi/Gapura Bajangratu
Tujuan keenam, Candi Tikus. Letak candi ini ga begitu jauh dari Candi Bajangratu, sekitar 600m tepatnya di Dukuh Dinuk, Desa Temon. Konon katanya waktu ditemuin candi ini jadi sarang tikus, makanya dinamain Candi Tikus. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad 13 ato abad 14. Jika dihubungkan dengan keterangan Mpu Prapanca dalam kitab Negarakergama, ini merupakan tempat mandi raja dan upacara-upacara tertentu yang dilaksanakan di kolam-kolamnya.
20101204-DSC_5353Candi Tikus
Pas di Candi Tikus, turun hujan. Niatnya perjalanan diterusin ke Candi Wringinlawang tapi karena hujan akhirnya kita malah makan Sambel Wader di deket Kolam Segaran. Lumayan enak.... palagi klo makannya karena laper. ^^
20101204-DSC_5364 sambel wader :D
*other picture can view at my flickr :D

How to go to ... from ...

Ini post tentang pengalaman pribadi gimana klo mau kemana2, daripada ntar si saya-nya lupa, jadi ditulis aja di blog. :D

Cikarang - Blok M (normal 1 jam)
naik bis 121A dari depan halte depan paparon
naik bis 121 terminal cikarang ato halte depan paparon
naik bis lippo(AO) di lippo ato deket pintu tol cikarang

Cikarang - UKI (normal 45 menit)
naik 59 dari pul-nya di deket pintu tol cikarang

Cikarang – Pangandaran
naik bis tujuan pangandaran di terminal cikarang (klo ga salah paling malem jam 7)

Cikarang - Salemba (normal 1,5 jam)
naik 59 turun UKI, trus naek busway dari halte UKI yang tujuan PGC-Ancol, PGC-Harmoni ato PGC-Senen, turun di halte salemba (2 halte setelah matraman)

Cikarang - Slipi/Mall Taman Anggrek/Grogol
naik 59 turun UKI, trus nyebrang naek bis P05 jurusan grogol
naik bis jurusan blok m turun komdak, trus naek bis P6 jurusan grogol (ato bis2 yang lain jurusan grogol)

Cikarang - St Gambir
naik 59 ke UKI, trus lanjut busway tujuan Harmoni turun di Halte Juanda, nyebrang trus jalan kaki 10 menitan ke St Gambir.

Cikarang - ITC Fatmawati
naik bis ke blok M, dari terminal blok M naek metromini 610 (Jur. Pondok Labu) di line paling ujung. Ntar turunnya pas di depan ITC Fatmawati.

Cikarang - Bekasi Barat (Mall metropolitan, Mega Bekasi, Bekasi CyberPark)
naik 45 dari deket gerbang tol cikarang barat

Cikarang - Kota Tua (St Kota)
naik bis jurusan Blok M, turun di komdak bawah (halte busway polda), naik busway tujuan Kota.
naik 45 ke bekasi, turun di depan CyberPark ato terminal Kayuringin, trus naek angkot ke St Bekasi, dari St Bekasi naek KRL ke Kota.

Cikarang - Mall Ambassador
naik bis jurusan Blok M, turun di komdak bawah (halte busway polda), naik busway turun di Halte Karet. Lanjut naek angkot ke Mall Ambassador.

Cikarang – Pasar Minggu
Naik bis jurusan Blok M, turun di komdak atas (depan Polda MetroJaya), nyebrang ke depan semanggi. Naik metromini 640 jurusan pasar minggu.

Pejanten Village – Cikarang
Naik kopaja 20 dari depan (sebrang) Pejanten Village jurusan senen, turun perempatan Gatot Subroto. Dari situ naek bis/kopaja/metromini turun komdak atas, nyebrang ke depan semanggi. Lanjut naek bis mayasari 121 ato 121A ato lippo cikarang.

bakalan terus dimutakhirkan *update maksudnya :p

kevin olusola – ridin' solo (hip hop cello)

Saturday, December 18, 2010

malem-malem berkelana di twitter, eh… ketemu tweetnya kurt tentang video ini.
kereeeeeen… maen cello bertema hip hop >.<

boyce avenue – will you be there

hiiikss….. harusnya kemaren nonton mas-mas ganteng ini di citos >.<

karena ga bisa menonton langsung mari meliat video youtube-nya saja :D

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS