Korea : Mendaki Gunung Soerak (Seorak-san/Mt Seorak)

Friday, May 19, 2017



안녕하세요!!! Akhirnya cita-cita buat jalan-jalan ke Korea kesampain juga. Sebenarnya perjalanan ke Korea ini, saya lakukan di awal desember tahun 2016, cuman baru sempet ditulis sekarang, karena tiba-tiba kok kangen jalan-jalan ke Korea lagi. :D

Jauh-jauh ke Korea kok mendaki gunung? Treking adalah hal biasa di Korea, pas kita kesini musim dingin begini, pengunjungnya rame-rame aja loh. Kenapa kita milih ke Seorak-san, ya karena kita pengen aja sih. Hahaha.... ini adalah salah satu tujuan yang terlintas pertama kali oleh teman saya, setelah kita membeli tiket.

Transport menuju Seorak-san
Kita memilih naek bis menuju Seorak-san ini. Soerak-san ini letaknya di Sokcho, waktu tempuh perjalanan dengan bis sekitar 2-3 jam. Bis-nya bisa ditemukan di Seoul Express Bus Terminal atau Dong Seoul Bus Terminal. Waktu itu kita memilih berangkat dari Dong Seoul, karena penginapan kita ada di Itaewon. Untuk menuju Dong Seoul Terminal, kita naek kereta dari St Itaewon (Line 6) ambil arah St Bonghwasan, kemudian sesampainya St Sindang pindah ke kereta line 2 trus turun St Gangbyeon (Line 2). Di seberang St Gangbyeon inilah Dong Seoul Terminal-nya.

Kimbab enak bisa buat bekel sebelum mendaki Seorak-san
*bisa dibeli dideket pintu keluar stasiun
Tiket bus bisa dibeli di counter bus yang tersedia, carilah counter yang ada tulisannya Sogco, kita setengah mati nyari tulisan Sokcho ga nemu-nemu, ternyata ditulisanya Sogco @_@. Oiya untuk ke Seroak-san ini naek bus-nya yang arah Sokcho, dengan harga 17300won untuk sekali jalan.

penampakan terminal dong seoul
Bis-nya akan berhenti di Terminal Bus Sokcho (ini untuk bis yang naeknya dari Dong Seoul yak), tinggal di add to favorit aja gmaps-nya. Nah setelah itu dari terminal bus Sokcho, lanjut naek bus No. 7 or 7-1, tempat naek bus ini bisa diliat di gambar maps dibawah yang ditandai kotakan hijau.

naek bus no 7 ato 7-1 di halte yang ada tanda kotak hijau
*cuman 1 aja halte-nya, sabar aja nunggu bis-nya emang lama :D
Mt Seorak, Hendeulbawi, Ulsanbawi
Bis No 7 atau 7-1 akan mengantar kita sampai parkiran mobil Seorak-san, abis itu tinggal beli tiket masuk seharga 3500won setiap orang. Abis itu bebas jalan-jalan, kita sampai sana udah siang banget. Trus berhentinya banyak banget, buat foto-foto lah, makan bekal lah,  jadilah kita cuman mendaki sampai Hendeulbawi rock aja. Sebenernya jalur treking-nya banyak, yang paling populer adalah Ulsanbawi rock sama naek cable car. Kita berdua sama-sama takut ketinggian, jadi cable car skip. Hahaha

ini jalan-nya masih datar
minuman wajib selama di korea banana uyu
plus jeruk hasil dikasih ajussi, yang minta difotoin
pose wajib turis di Hendeulbawi rock!! *sok-sokan dorong batu
Udah segitu aja sih jalan-jalan kita di Seorak-san, walopun cuman gitu aja, kaki beneran gempor loh, trus kita baliknya kemaleman sampek Seoul. Dan balik-nya itu, malah naek bus yang ke arah Seoul Express Bus Terminal. Ceritanya kita salah turun, waktu balik dari Seoraksan, untung-nya nemu counter bus, tapi arah Seoul Express Bus Terminal, trus harga tiket-nya beda, lebih mahal dan lebih jauh dari itaewon =))

Sesampainya di Seoul Express Bus Terminal, kita kelaperan. Tiba-tiba nemu tempat makan ramen yang ada iklannya chef Baek Jong Won, langsung beli disitu. Karena laper, ramen-nya berasa enak banget. =))

Note :
awal desember Seorak-san nya belum bersalju, padahal dah bermimpi liat putih-putih salju sepanjang mendaki, ternyata saya salah besar, saljunya baru turun lagi pas saya balik pulang ke Indo. hahahah

Selamat mendaki Seorak-san!!!


No comments:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS