Pages

Perjalanan darat dari Thailand ke Laos

Friday, May 5, 2017

Ada yang mau jalan-jalan ke Laos tapi tiket pesawat ke Vientiane mahal? Bisa diatasi dengan jalan darat lewat Thailand ato Vietnam. Mending Thailand deh...

Gimana caranya menyeberang negara dari Thailand ke Laos? Ada banyak cara sih, pertama moda angkutannya Bus ato Kereta.

Naek Kereta ke Nong Khai

Ini adalah pilihan pertama yang mau saya pakai, kemudian ketika memesan tiket kereta Jeng Jeng Jeng tiket sleeper-nya abis, tinggal yang ekonomi. Huahahaha... maklum saya perginya pas akhir tahun, trus ga pasti tanggalnya, jadi gitu deh resikonya.

Jadi saya ceritain hasil guglingan aja deh. Kalau mau naek kereta dari Bangkok, bisa dibeli langsung di Stasiun Hua Lamphong. Kalau mau cek harga ato jadwal bisa cek di websitenya ini, kalo tulisannya aksara aneh, carilah bendera UK buat ganti bahasa. Dari situ keluar jadwal kereta, tipe apa keretanya dan berhenti di stasiun mana aja. Waktu itu saya berencana membeli tiket kereta malam yang sleeper, apa mau dikata tiketnya habis, ya sudah akhirnya melipir naek bis. Harga tiket sleeper ini beragam mulai dari 748 - 1857 baht *ini tarif berdasarkan di website saat ini.

Stasiun terakhirnya adalah Nong Khai, ini adalah kota yang berbatasan dengan negara Laos. Setelah sampai di St Nong Khai, tinggal selemparan aja buat jalan ke Imigrasi Thailand. Beda halnya kalo naek bus. Ga usah naek tuk tuk kalo dari Stasiun, asli deket banget!!!

Naek Bus ke Nong Khai

Akhirnya saya naek bus untuk sampai ke perbatasan Thailand - Laos. Bus ke Nong Khai bisa ditemukan di Terminal Bus Mo-chit. Untuk menuju Terminal Bus Mo-chit, saya naek BTS dari MBK ke Mo-chit. Karena saya cuman solo travelling, untuk ngirit saya jalan kaki ke Terminal Busnya. Entah saya salah milih jalan ato emang beneran jauh, ternyata jauuuuh, panas plus ransel berat. Kalo di Indo mungkin dah ngojek, tapi karena di negeri orang, maunya ngirit! *ngiritapapelit Kalo perginya rame-rame mending share uber ato taxi deh.

Mo-Chit Bus Terminal
Sampai di terminal perjuangan saya belum selese, mau beli tiketnya aja bingung, counternya yang mana. Huahahaha.... naek ke Lt 2 kalo engga salah, trus carilah counter 101-120 disitulah tiket bus ke Nong Khai bisa dibeli. Waktu itu saya bingung, counternya banyak, trus ga ada tulisan kalo melayani pembelian ke Nong Khai, akhirnya saya tanya ke Tourist Information. Eh.. tau-tau saya disodori kertas kuning sambil bilang Fay Fay a.k.a free tapi dalam pronunciation yang berbeda, trus saya bengong, saya bingung, balik nanya lagi beli tiketnya, dia bete. Huahahah.... kemudian dia frustasi trus manggil temennya, ternyata saya dikasih tiket bus gratis ke Nong Khai, iya GRATIS. Jadi ceritanya ada donasi gitu, lupa sih dalam rangka apa, trus saya ketiban tiket gratis, antara seneng dan bingung. Ini kliatan kere banget kah diriku, sampek dikasih gratisan. wakakakak...

Tiket gratis... :D
Katanya jadwal bus nya now, as in 1/2 jam lagi, duh saya langsung lari-lari ga mau ketinggalan bus gratis, ternyata.... molor, 2 jam. Hahaha... ini untung apa buntung, berhubung gratis no komplen deh. Tengok kiri-kanan, kok penumpangnya wajah-wajah lokal yak, tiket kereta aja abis kok bisa saya ga ketemu turis-turis asing lainnya, padahal banyak bule bersliweran tapi kok ga ada satupun yang nunggu di tempat saya. Setelah agak menunggu lama, datanglah bis-nya... jeng jeng jeng, bis-nya ekonomi AC, ah cobaan apa pula ini. Pasrah... inget... gratis!! Oiya walopun kelas ekonomi, tapi dapet kupon makan loh, jadi bisa makan gratis, tp ya ga halal sih, saya milih lauk sayur biar aman.

penampakan si bis
Perjalanan bisnya m.e.l.e.l.a.h.k.a.n, kalo naek bis kece jam 9pm aja, subuh sampek Nong Khai, ini boro-boro subuh, berangkat matahari belum tenggelam, sampek Nong Khai matahari sudah bersinar terang, pantatku tepos... inget.. gratis!! Begitulah, dibalik kesenangan ada perjuangan.

Perjuangan belum berakhir, kalo naek bis ke Nong Khai, berarti kamu akan turun di terminal bis Nong Khai yang mana jauh dari Imigrasinya. Dan disana kalo desember itu suhunya dibawah 20. Saya yang bawa baju summer, ya cuman bisa pasrah, untung bawa jaket  fleece, meskipun ga nampol tapi betterlah, tapi tetep gemeteran. *padahalmataharidahterang Jadi. untuk ke Imigrasi ini perlu naek tuktuk, aku lupa dulu bayar berapa. Kalo googling ada 100 baht untuk 1 tuk-tuk buat ber6, kalo sendirian kira jangan jauh dari 20baht lah.

Tuk-tuk akan menurukan kita sebelum pintu masuk Imigrasi, kemudian tinggal lewati petugas imigrasi Thailand untuk mendapatkan cap keluar dari sana. Abis itu ada bis untuk melewati Friendship Bridge, kalo ga salah sih bayar-nya 20baht. Oiya, ga boleh jalan kaki melewati Friendship Bridge ini, jadi harus naek bus ber-bayar ini, cuman 5 menit sih. Jembatannya ini menyeberangi sungai Mekong yang jadi pembatas di antara 2 negara ini. Sampai di Imigrasi Laos, ntar musti beli kartu pass way (one way ticket) seharga 5baht, ntar ada scan kartu buat buka pintu otomatis setelah dapat cap imigrasi Laos.

Money Changer
Oiya sebelum ke petugas imigrasi Laos bisa tukar uang dulu di money changer, kalo ga salah lebih murah disitu dari pada di Vientiane/Vang Vieng/Luang Prabang.
Note: duit Laos ga boleh dibawa pulang, jadi mending diabisin disana ato tuker lagi ke USD.

Sim Card
Setelah lewat imigrasi, saya menemukan counter sim card. Saya memutuskan beli sim card buat jaga-jaga kalau nyasar bisa akses gmaps, trus ga ada persiapan intinerary pula. Sim cardnya seharga 300baht untuk sebulan pemakaian, kuotanya lupa berapa. Ada yang seminggu-an, tapi karena saya di Laos sekitar 10 hari, ya terpaksa beli yang sebulan.

.... panjang ya ceritanya.... :)) *masih berlanjut

Bagaimana ke Vientiane?

Dari perbatasan untuk ke Vientiane (Central Bus Station) ada bus umum, bis no 14. Bis ini ada yang langsung ke Vientiane ato mampir dulu ke Buddha Park. Kalo kamu ga ingin bolak-balik mending mampir dulu ke Buddha Park, kemudian baru ke Vientiane. Rute bus nya itu begini :
Vientiane - Perbatasan - Buddha Park - Perbatasan - Vientiane
Tarifnya 6000kip, bisa bayar pake baht tapi lupa tarifnya berapa.
Bisnya ini berhenti di Central Bus Station Vientiane, selain itu ada Northern Bus Terminal and the Southern Bus Terminal.

penampakan bus 14 di terminal City Center
Okay... sekian ceritanya... *ini baru menyeberang doang, postingannya dah panjang banget
Cerita di Laos ada apa aja... di postingan selanjutnya saja.



2 comments:

Unknown said...

Mbak itu klo naik kereta dari bangkok ke nong khai yg ekonomi kondisinya gimana yah?
Harganya udah sya cek murah bngt, boleh tidak yah turis asing pilih yang kelas 3.
Mksh

dindun said...

boleh2 aja keknya turis beli, cuman aku ga beli sih jadinya.
di websitenya si kereta itu ada kok fotonya kalo yg ekonomi gimana *cuman lupa kok aku bisa kehalaman itu,
semacem ekonominya kereta kai yg jaman dulu blm ada acnya.

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS