Jakarta Old Town 2nd

Monday, March 16, 2009

Hari minggu 15 maret 2009, aku sama pipin n juki jalan2 ke Jakarta Kota Tua. Sebenernya mo ke Dufan, tapi hari sabtu pipin ga bisa, jadinya malah ke Kota Tua. Janjian jam 8.30 di sana tapi.... jam segitu aku baru berangkat dari Cikarang. Hehehehe...

DSC04010 Kita ketemuan di depan Museum Fatahillah. Pas lagi jalan di samping museum ada yang foto pre wed. Seru juga foto pre wed disitu. Hahahaha
Yihaa.. akhirnya bisa ketemu pipin, klo juki mah sering. Hohoho I miss pipin so much. Dah 1 taun lebih ga ketemu.

Pertama, kita keliling2 Museum Fatahillah. Di situ ada banyak peninggalan jaman dulu. Kebanyakan sih perabotan rumah tangga gitu, trus ada lukisan beberapa gubernur batavia jaman dulu. Ada lukisannya Daendels, patungnya Raffles banyak deh pokoknya. Dulunya gedung ini merupakan balai kota, kemudian pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

me n juki copy Ada penjara bawah tanahnya juga. Ngliat keadaanya sekarang jadi miris, banyak coretan2 tangan jahil ditembok penjaranya. Padahal pas pertama kali aku ke sana, ga ada lhooo. *Ada fotonya kok Dan kebetulan bareng ma anak2 muda yang sepertinya masih sekolah gitu, guess what?? Dia nyoret2 dinding gitu. Helloooow....heran deh sama yang nyoret2 dinding, ga menghargai sejarah banget sich! Bego! Otaknya ga dipake buat mikir apa ya?.

DSC03951 Selanjutnya kita jalan2 di sekitar kompleks Fatahillah. Kali ini ga pake masuk ke Batavia cafe. Hahahaha... mahal boo... ^^ Harganya ice cream ini, ehem... bisa buat beli baju. Ck ck ck.. Untung dulu ditraktir dian, jadi pesen2 aja dan enak lagi *sambil nglirik uul, mengingatkan ice cream rasa mint yang dia pesen dulu. Jadinya yang sekarang cuman beli es potong aja. Hehehehe.... Baru kali ini aku makan es potong. Trus dilanjutin berfoto2 di depan Dasaad Musin Building. Aku cari2 di google tentang sejarah gedung ini ga ada yang detail n memuaskan. Mana ga ada di wikipedia lagi. Ada yang tau linknya ga sih? Penasaran.... Habis gedung ini satu2nya kantor perusahaan pribumi jaman kolonial dulu, sekarang dah jadi toilet umum n gedungnya seperti mo roboh gitu. T_T

DSC03732 Habis keliling kompleks, rencananya mo ke Museum Bahari, ke sana naek ojek onthel a.k.a sepeda. Setelah nanya2 ke tukang ojek, tarif ke Museum Bahari berapa, ternyata 10rb. Trus kata tukang ojeknya klo ke 5 tempat trus ditungguin cuman 25rb. Ehm.. kita ber3 langsung mikir, keknya lebih murah 5 tempat deh. Langsung deh kita pilih yang keliling 5 tempat di Kota Tua.

DSC03796 Pertama… Pelabuhan Sunda Kelapa. Kita boleh nyoba naek kapalnya lhoo… Seruuu… kapalnya gede banget, beda ma kapal yang pernah aku naikkin waktu ke Pulau Seribu. Tapi titian buat naeknya serem, lebarnya ga ada 1/2 meter. Tiap jalan selangkah demi selangkah, sambil teriak2 takut jatuh. Hahaha… Tukang ojeknya ketawa2 ngliat aku ketakutan. Habis klo jatuh lautnya dalem mana ga bisa renang lagi. Baru kali ini aku naek kapal nelayan yang gede buanget…. Hooo ndeso ^^ Maklum, lahir di kota yang jauh dari laut sich.

DSC03817 Kedua… Menara Syahbandar. Wew… menaranya tinggi banget euy. Menara ini dulu digunakan sebagai menara pengawas pelabuhan. Klo mo baca artikelnya ada disini. Dari menara ini kita bisa ngliat pemandangan pelabuhan Sunda Kelapa n beberapa gedung2 tua lain di sekitarnya. Kemaren dikasih tau gedung apa gitu lupa namanya, termasuk gedung tua juga sih. Di situ kita bisa naek sampai atapnya lhoo. Aku naek sampai atap juga tapi ga ada 1 detik berdiri langsung duduk, asli ngeri banget, soalnya takut ketinggian, trus ga ada 5 detik aku turun aja. Hehehehe Di seberangnya menara ada Galangan VOC. Ga masuk sih cuman liat depannya doang.

DSC03833 Ketiga… Museum Bahari, disini banyak replika2 berbagai macam kapal nusantara. Di situ juga ada banyak artikel2 tentang batavia mulai dari JP Coen, Peta Batavia jaman dulu, perbedaan gambar kompleks Museum Fatahillah jaman dulu dengan sekarang ‘n masih banyak lagi. Trus ada replika bangunan2 lepas pantai, ikan2 yang diawetkan, replika kemudi kapal, yang jelas di situ ada banyak hal tentang kemaritiman Indonesia. Ada ruangan kayak meeting room gitu, dari luar kliatannya serem deh, klo malem gimana ya?

DSC03905 Keempat… ke Jembatan Kota Intan, jembatan ini menghubungkan sisi timur dan barat Kota Intan di Jalan Kali Besar Barat, Jakarta Utara. Jembatan ini punya pengungkit, jadi klo ada kapal lewat jembatannya bakalan ditarik supaya kapalnya bisa lewat, tapi itu dulu… Sekarang sepertinya dah ga bisa lagi. Kata tukang ojeknya, dulu ada wisata airnya juga tapi sekarang dah ga ada lagi. Sayang sekali padahal klo masih ada wisata airnya seru tuh, bisa jalan2 naik kapal. Apalagi klo airnya bersih juga… Ehm… pasti lebih seru lagi. Sekarang ini airnya kotor buanget, banyak sampah2nya. Di mana ya, ada wisata kota tua yang bener2 masih tua n terjaga baik sampek sekarang? Keknya keren deh. Klo mo tau artikel tentang Jembatan Kota Intan ada di sini.

DSC03933 Kelima… ke Toko Merah, gedung ini dibangun taun 1730 kemudian dipakai sebagai rumah kediaman Gubernur Jenderal VOC yang beranama Baron Van Imhof. Disebut merah karena sebagian besar hiasan gedung ini berwarna merah dan bergaya China. Gedung ini jadi saksi bisu dari berbagai kejadian jaman dulu, dan sampai sekarang masih berdiri kokoh ‘n lumayan bagus di banding Dasaad Musin Building. Di depan gedung itu mengalir sungai kali besar (Groote Rivier). Toko Merah ini letaknya ga terlalu jauh dari Jembatan Kota Intan dan Hotel Batavia.

Setelah jalan2 kelima tempat, akhirnya balik lagi ke kompleks Museum Fatahillah. Kita langsung ke Museum Wayang. Di situ banyak dipamerkan berbagai macam wayang nusantara maupun luar negeri. Pas pertama kali ke situ bareng dian ‘n uul, pas ada pameran wayang kulit. Tapi pas ke sana lagi ternyata ada ruangan yang ditutup karena ada renovasi, jadi cuman liat2 sedikit aja. Habis dari situ trus makan, sholat trus pulang deh. Rencananya setelah ini mo jalan2 lagi ke Dufan tapi ga tau kapan, yah semoga aja bisa semua sekalian nambah orang juga. Soalnya ucil ngambek ga diajak sama juki. Wkwkwkwkwk…..

Foto2 yang lainnya ada disini. ^^V

*Ga sempet ke Museum Bank Mandiri lagi, ga bisa moto patung Jendral Sudirman pula (buswaynya cepet banget sich) T_T

Beberapa link bagus :
http://jakarta-tourism.go.id/wisatadkiapp/content/id/30/situs-bersejarah
http://www.kompas.com/wisata/plesir
http://djawatempodoeloe.multiply.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Penguasa_Hindia-Belanda

1 comment:

U'uL said...

Huaa iri irii.
Koq perjalananmu kali ini lbh komplit gt din? Ugh pengen. Seru bgt kliatanny.
Es potong? Hmm kykny enak..
Gk kyk obat batuk kan rasany? :p

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS